Muchamad Eki S. A., S.Kom. M.M.
SMK Negeri 1 Panyingkiran @2017
Selamat Datang di Blog SMK Negeri 1 Panyingkiran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat untuk Materi Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital - - - - - Untuk melihat Daftar isi dari Blog ini... silahkan klik tombol Materi Bahasan Blog

Klik >>> Daftar Isi (Materi Bahasan Blog)


Presentasi Blog sebagai Media Pembelajaran








Tutorial Penggunaan Editor Online Blogger








Tutorial Membuat Apps dengan AppsGeyser





Saturday, September 15, 2018

Tips Menggunakan Internet Sehat, Aman dan Nyaman

Tips tersebut bisa mengantisipasi dan membuat Anda terhindar dari serangan cyber yang sering terjadi belakangan ini. Tips berinternet aman dan nyaman juga berfungsi untuk menjaga keamanan komputer atau smartphone anda ketika browsing. Jika Anda pengguna internet aktif untuk mencari informasi atau pengguna sosial media aktif, maka terapkanlah beberapa tips.

Tips Menggunakan Internet Sehat, Aman dan Nyaman
  1. Think Before Connect
  2. Selalu Update Antivirus
  3. Hindari Menyebarkan Informasi Pribadi
  4. Gunakan Kombinasi Password dan Ubah Password Secara Rutin
  5. Selalu lakukan Logout

- - - - -
  1. Think Before Connect
Tetapkanlah tujuan terlebih dahulu ketika ingin berinternet ria sehingga tidak memberikan dampak negatif bagi anda. Tips pertama ini mengajarkan Anda tentang antisipasi sebelum melakukan sesuatu. Jangan sampai menggunakan internet untuk hal yang tidak penting atau menjadi hal yang sia-sia. Jika teledor, bisa saja Anda terjebak dalam situs illegal. Contoh, tanpa sengaja Anda bisa masuk ke dalam sebuah situs online shop atau survey online yang mencuri informasi pribadi Anda.
  1. Selalu Update Antivirus
Memasang program antivirus pada komputer Anda adalah sebuah keharusan, karena hal ini merupakan proteksi untuk data dan software komputer. Ada banyak jenis antivirus yang bisa dipasang pada komputer, bahkan program antivirus gratis. Antivirus juga berfungsi untuk memblokir situs-situs yang memiliki harm content, seperti konten dewasa dan berbahaya. Jangan lupa pula untuk selalu update antivirus pada komputer Anda, agar proteksi keamanan lebih terjamin.
  1. Hindari Menyebarkan Informasi Pribadi
Internet memudahkan menemukan informasi, namun jangan ceroboh untuk menyebarkan informasi Anda cuma-cuma. Hal tersebut bisa memudahkan orang tidak bertanggung jawab, maka tulislah sesingkat mungkin. menggunakan data diri Anda untuk modus kejahatan.  Jika ingin menuliskan contact person, maka cukup berikan data singkat. Contoh untuk data diri facebook, jangan sebutkan alamat rumah, nomor telepon pribadi atau foto pribadi. Hal tersebut bisa menimbulkan kejahatan internet.
  1. Gunakan Kombinasi Password dan Ubah Password Secara Rutin
Hal yang sangat penting ketika menggunakan internet adalah password sebagai kuncian dari semua peralatan digital Anda. Gunakan kombinasi password yang kuat agar tidak mudah terdeteksi oleh hacker. Jangan gunakan password umum, seperti tanggal lahir atau nama belakang, karena jika informasi pribadi sudah tersebar maka dengan mudah terdeteksi. Sebagai contoh, gunakan kombinasi password menggunakan nama hewan peliharaan, nama orang tua atau hal lain dimana cukup Anda saja yang tahu. Lalu kombinasikan password menggunakan angka, huruf besar dan kecil. Paling tidak, gunakan maksimal sepuluh atau dua belas digit password. Selain itu, Anda juga harus rutin mengubah password untuk menghindari pencurian password, minimal satu bulan sekali.
  1. Selalu lakukan Logout
Tips menggunakan internet aman dan nyaman yang terakhir adalah selalu logout setelah selesai menggunakan media sosial, email atau aktivitas pribadi menggunakan internet. Tips ini akan mencegah Anda dari orang jahil. Logout atau sign out harus selalu dilakukan demi keamanan data. Logout bukan hanya dilakukan ketika menggunakan komputer bersama, seperti warnet, namun Anda wajib melakukan logout saat menggunakan komputer pribadi. Contoh hal negatif yang mungkin membuat Anda tidak nyaman adalah ketika orang lain meminjam komputer dan membuka browser, kemudian menemukan media sosial atau email Anda terbuka. Bisa saja orang lain menemukan hal penting di dalam media sosial Anda.



- - - 
Sumber :



Reaksi: