Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Saturday, September 15, 2018

Pengertian Virus Komputer, Jenis Virus Komputer dan Cara Pencegahannya

Pengertian Virus Komputer
  • Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. 
  • Pengertian Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan.



Cara Pencegahan Virus Komputer
  1. Simpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud
  2. Simpan data pribadi anda di email dengan enkripsi Two Factor Authentication

Berikut merupakan beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan dibawah ini:
1. Simpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud
Banyak langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan hacker yang akan menimbulkan kerugian besar pada aset yang telah anda rahasiakan selama ini. Dan salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi yaitu, dengan menyimpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud seperti google drive, dropbox, dan sebagainya. Dan untuk menjamin keamanan data anda di google drive, maka anda dapat menambahkan enkripsi Two Factor Authentication, yang merupakan layanan yang menawarkan perlindungan ketat dari para hacker yang ingin menyusupi akun google drive anda.

2. Simpan data pribadi anda di email dengan enkripsi Two Factor Authentication
Pada poin pertama dalam langkah pencegahan diatas, kita sudah membahas tentang enkripsi Two Factor Authentication yang terintegrasi dengan google drive. Dan langkah selanjutnya anda juga dapat menyimpan data pribadi anda di akun gmail yang telah anda buat. Dalam hal ini, mungkin anda akan merasa penasaran dengan apa yang kami maksud, dan mengapa kami merekomendasikan layanan penyimpanan yang terintegrasi dengan enkripsi Two Factor Authentication. Tapi sebelumnya, tahukah anda bahwa google memiliki sistem verifikasi dua langkah yang dapat membuat akun gmail, maupun google drive anda menjadi aman? Jika anda belum mengetahui secara jelas apa yang kami maksud, maka anda dapat membaca ketentuan yang terdapat pada google 2 step verification
Demikianlah beberapa jenis virus yang dilancarkan oleh hacker beserta langkah pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengamankan data anda.



Berikut ini contoh/jenis Virus Komputer :

  1. Trojan. 
  2. Worm. 
  3. Memory Resident Virus
  4. Multipartite Virus
  5. FAT Virus
  6. Directory Virus
  7. Macro Virus. ...
  8. Boot Sector Virus.




TUGAS :
Kerjakanlah Lembar Kerja di bawah ini :