Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Monday, August 28, 2023

Implementasi Jabar Masagi




Implementasi Jabar Masagi  

Bagaimana tanggapan para guru mengenai program Jabar Masagi? 

Tentu hal ini merupakan harapan yang bagus untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya di Jawa Barat. Jabar Masagi merupakan upaya dalam membumikan pendidikan karakter dalam konteks mulok budaya lokal Jawa Barat sebagai akar untuk mengisi ruh pendidikan karakter, agar tidak tercerabut dari akarnya. Jabar Masagi adalah kearifan lokal Jawa Barat yang wajib dilestarikan. Filosofi masagi yaitu bagaimana berproses menjadi manusia yang kokoh, ajeg dalam berfikir, merasa dan bertindak, karena pintar saja tidak cukup tapi harus di imbangi dengan kekuatan spiritual, ahlak dan fisik yang mumpuni.  

Contoh Kegiatannya : Bimtek.  

Sebagai upaya untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya, Niners ternyata telah melaksanakan kegiatan lain jauh sebelum peringatan hari bahasa ibu, mengenalkan berbagai hidangan khas Jawa Barat kepada siswanya melalui mata pelajaran PKWU (Pendidikan Kewirausahaan)  Tujuannya adalah untuk melestarikan budaya Jawa Barat serta sebagai bukti persiapan Sekolah Masagi.  

Acara tersebut menimbulkan dampak dan respon positif bagi siswanya, menjadi lebih mengenal kearifan lokal di Jawa Barat. Mereka memiliki semangat antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi untuk lebih memahami dan mempelajari kebudayaan daerah Jawa Barat.  

  
  
........
Sumber : internet  

0 komentar:

Post a Comment