Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Sunday, February 3, 2019

Tips Memilih Memilah Informasi dari Internet

Tips Memilih Memilah Informasi dari Internet :



  1. Berpikir skeptis. Informasi yang berada di internet belum tentu benar, bahkan dari portal berita online sekalipun. Karena diharuskan cepat dalam menyebarkan informasi akan membuat kesalahan rentan terjadi. Anda harus skeptis atau ‘ragu’ dengan informasi yang Anda baca. Persepsi ‘mudah percaya’ akan membuat Anda mudah pula untuk tidak peduli dengan kebenaran informasi tersebut.
  2. Menyaring informasi sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan informasi yang jumlahnya tak terhitung. Penting untuk diperhatikan bahwa tujuan dalam pencarian informasi yang Anda lakukan adalah untuk membantu diri Anda. Sehingga Anda akan fokus untuk mencari apa yang diperlukan dan tidak terpengaruh dengan informasi lain yang akan membuat pencarian Anda menjadi rancu. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui benar apa yang ingin Anda cari.
  3. Memilih lebih dari satu sumber informasi. Dengan memiliki beberapa referensi akan memudahkan Anda untuk membandingkan informasi yang sebelumnya telah didapat. Misalnya Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelanjutan sebuah peristiwa, maka Anda perlu untuk mendapatkan informasi tambahan lain dari sumber yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda menyaring manakah yang benar-benar terjadi dan tidak.
  4. Reputasi sumber informasi. Anda perlu mengetahui apakah sumber informasi Anda memiliki track record atau kredibilitas yang baik atau tidak. Jika Anda sudah mengetahui bahwa informan Anda adalah seseorang atau sebuah instansi yang reputasinya buruk, ada baiknya Anda meragukan inforamasi yang diberikan. Bukan berarti menutup peluang Anda untuk mencari informan sebanyak-banyaknya, tetapi mengetahui reputasi sumber informasi akan membantu Anda mendapatkan informasi yang berkualitas.



Sumber :