Etika berkomunikasi di media sosial
Berikut ini adalah beberapa macam etika yang perlu diperhatikan
saat berkomunikasi di media sosial:
1. Selalu
perhatikan penggunaan kalimat
Penggunaan kalimat merupakan bagian yang penting saat
berkomunikasi menggunakan media sosial. Kalimat-kalimat dengan susunan yang
tepat, disertai tanda baca yang tepat juga merupakan salah satu bagian yang
penting supaya etika komunikasi bisa dijaga dengan baik. Hindari menggunakan
kalimat-kalimat yang tidak utuh. Kalimat yang tidak utuh bisa memicu timbulnya
ambiguitas sehingga bisa menjadi sumber dari kesalahpahaman.
2. Berhati-hati
saat menggunakan huruf
Menggunakan huruf dengan benar juga menjadi bagian dari etika
komunikasi di media sosial. Mudahnya, selalu gunakan huruf yang wajar. Menulis
sesuatu di media sosial dengan menggunakan huruf kapital semua bisa memberikan
kesan marah, kecewa dan menantang.
Sebaliknya, menggunakan huruf yang cenderung kecil semua akan
menandakan seseorang terlalu abai dan tidak serius mengenai informasi yang
sedang akan ia bagikan. Oleh karenanya, penggunaan huruf yang sesuai dan wajar
bisa menunjang etika yang baik saat berkomunikasi.
3. Perhatikan
pemilihan warna huruf
Warna huruf juga penting untuk diperhatikan. Beberapa media
sosial biasanya memberikan fitur ini untuk menambah keragaman dari jenis
tulisan yang akan diberikan seseorang. Menggunakan warna huruf merah dengan
tulisan yang tebal bisa memiliki kesan menantang dan marah. Persepsi orang yang
berbeda-beda ini menjadi alasan mengapa penulisan huruf dengan warna yang
standar menjadi penting.
4. Pemilihan
simbol dan ikon yang tepat
Dalam media sosial, banyak sekali simbol dan ikon yang
seringkali disertakan dalam sebuah informasi atau tulisan. Ada dikenal
simbol emoji atau sticker dan lain
sebagainya. Manakala akan menggunakan simbol tersebut, pastikan simbol yang
digunakan juga tepat.
Menggunakan simbol wajah cemberut pada tulisan juga akan
membangun persepsi orang dengan kuat. Oleh karena itu, berhati-hati dalam
menggunakan simbol dan ikon adalah penting. Bila perlu, justru hindari
menggunakan simbol atau ikon sehingga tulisan dan informasi yang kita buat
lebih bersifat netral.
5. Menggunakan
bahasa yang sesuai
Bahasa yang sesuai di sini adalah menunjukkan bagaimana tata
krama kita saat berkomunikasi dengan orang lain. Perhatikan dengan siapa kita
berbicara. Jangan sampai keluar bahasa-bahasa yang kurang sopan pada orang
tertentu sehingga etika dalam komunikasi ini menjadi hilang. Pastikan ini juga
menjadi salah satu hal yang diperhatikan saat menggunakan media sosial.
6. Memberikan
respon dengan segera
Saat dihubungi melalui media sosial, pastikan kita juga
memberikan respon dengan segera. Menunda-nunda untuk memberikan respon atau
bahkan mengabaikannya akan memberikan kesan yang jelek. Apalagi sekarang ini
banyak sekali media sosial yang juga sudah melengkapi fitur pemberitahuan bahwa
pesan yang disampaikan sudah dibaca oleh penerima pesan.
7. Memberikan
informasi yang memiliki referensi jelas
Ini adalah poin paling penting dari hampir semua poin yang
membahas mengenai etika dalam menggunakan komunikasi media sosial. Informasi
yang disebarkan tanpa referensi yang jelas akan menimbulkan efek berantai
terhadap setiap orang.
Hal ini bisa mengundang kesimpang-siuran berita yang tentu saja
sangat tidak diharapkan. Istilah yang mungkin kita kenal saat ini adalah
berita hoax. Bahkan, hal ini bisa diperkarakan pula di hukum bila
penyebaran informasi palsu tersebut memang disengaja.
8. Tidak
memancing pertentangan
Terakhir, hindari melakukan komunikasi yang memancing
pertentangan melalui media sosial. Mengingat persepsi orang yang berbeda
terhadap paparan informasi, maka kita juga harus memperhatikan hal ini supaya
terhindar dampak negatif dari media sosial.
Itulah beberapa macam etika yang perlu kita perhatikan. Jangan
sampai media sosial yang fungsinya membantu setiap orang untuk saling terhubung
justru memicu permasalahan akibat etika yang tidak diperhatikan. Dengan
menggunakan komunikasi yang tepat, maka kita bisa memanfaatkan media sosial
dengan lebih baik. Masih ada banyak lagi sebenarnya etika yang perlu
diperhatikan, namun setidaknya beberapa poin tadi bisa menjadi etika komunikasi
di media sosial yang paling dasar yang bisa mulai kita terapkan.
- - -
Sumber : dari internet
x