Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Thursday, January 11, 2018

Pengertian Mesin Pencari Web dan Contohnya

Pengertian Mesin Pencari Web  (Search Engine)

  • Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
  • Suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan. Mesin pencari (search engine) semacam “penunjuk jalan” untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.
  • Mesin pencari akan berfungsi setelah mempunyai kriteria database yang dibuat sebelumnya dan akan menampilkan hasil sesuai dengan kriteria mesin pencari. Cara kerja mesin pencari adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan bekerja melakukan pencarian di database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Jika pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil tidak ditampilkan.
  • program untuk mencari dokumen berdasarkan kata kunci dan memunculkan daftar dokumen tersebut apabila kata kunci yang dimaksud ditemukan. Sebuah mesin pencari pada dasarnya seperti “penunjuk jalan” untuk menemukan informasi atau data dokumen yang kita butuhkan dengan lebih mudah dan cepat.
  • Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).








Contoh mesin pencari web (search engine) antara lain :
  1. Google
  2. Bing
  3. Yahoo!
  4. Ask
  5. Yandex
  6. AOL
  7. Lycos
  8. Dogpile


Dalam artikel ini akan ditampilkan mengenai modul Basic Search yang merupakan terjemahan materi dari digitallearn.org. Membahas bagaimana menggunakan Search Engine ....









Sumber : 
* https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web 
* http://smkn1panyingkiran.sch.id
* http://www.tahupedia.com/content/show/458/10-Mesin-Pencari-Paling-Terkenal
* https://www.kanalinfo.web.id/2016/03/pengertian-mesin-pencari-search-engine.html
* http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-search-engine-mesin-pencari.html