Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Sunday, July 9, 2017

Jenis-jenis keyboard pada komputer

Jenis-jenis keyboard pada komputer
1.    Keyboard QWERTY.
Susunan pada kerboar QWERTY | Sumber gambar rezkipratama11.blogspot.com
Susunan tombol pada keyboard QWERTY
Tata letak pada keyboard ini ditemukan pada tahun 1878. Lalu keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf yang berurutan pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard tersebut.
2.    Keyboard Dvorak.
Susunan tombol pada keyboard Dvorak | Sumber gambar: jumran-xp.blogspot .com
Susunan tombol pada keyboard Dvorak
Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvroak disusun sedemikian rupa. Pada keyboard ini tangan sebelah kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan jika dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. Lalu tataletak dari keyboard Dvorak dirancang supaya 70% dari penakanan pada home row, jadi dapat mengurangi kelelahan ketika pengetikan.
3.    Keyboard Alphabetic.
Keyboard alphabetic | Sumber gambar: kel-i-imk.blogspot .com
Keyboard alphabetic
Tombol yang terdapat pada keyboard alphabetic ini disusun sama persis seperti pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini jarang sekali digunakan, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan.
5.    Keyboard Klockenberg.
Bentuk keyboard klockenberg | Sember gambar: yosanthetrouble.wordpress .com
Bentuk keyboard klockenberg
Keyboard klockenberg ini dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah.Dan keyboard ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.
4.    Keyboard Numeric.
Bentuk keyboard Numeric | Sumber gambar: ajiaryaraditya.blogspot .com
Bentuk keyboard Numeric
Keyboarrd numeric merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman di gunakan.

...
Sumber :
http://www.pengertianku.net/2015/07/pengertian-keyboard-dan-jenis-jenisnya-maupun-fungsinya.html
http://smkn1panyingkiran.sch.id

0 komentar:

Post a Comment