Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Sunday, April 23, 2017

Pengertian Kelas Maya (Virtual Class), dan Contohnya

Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
  • Kelas Maya (Virtual Class) adalah penerapan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online), proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, peserta didik dapat mengikuti kelas dan menerima materi yang disediakan pengajar di internet, pengajar dan peserta didik tidak bertatap muka langsung tetapi dapat berkomunikasi melalui chat atau video conference. 
  • Kelas Maya (Virtual Class) adalah sebuah kelas yang diadakan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Jadi, kelas maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi sama seperti kegiatan belajar mengajar dikelas
  • Kelas Maya (Virtual Class) merupakan proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online) terhubung dengan internet, pengajar dengan yang menerima bahan ajar menggunakan media internet untuk materi bahasannya dan dapat berkomunikasi juga secara online.






Contoh Kelas Maya (Virtual Class) 
Berikut contoh Kelas Maya (Virtual Class) yang dapat digunakan dalam aplikasi web :


media elearning di web sekolah SMKN 1 Panyingkiran


Pengajar menyediakan sebuah grup / ruang / forum kepada para penerima bahan ajar atau peserta didik dan melakukan diskusi sama halnya seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Hanya saja yang membedakan kelas maya dengan kelas biasa yaitu adanya batasan berkomunikasi, karena jelas memiliki perbedaan dalam berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung, untuk komunikasi daring secara langsung dapat menggunakan bentuk komunikasi sinkron (video conference)

Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru atau pengajar, siswa atau penerima bahan ajar, maupun orang tua atau wali. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.



Gerbang Kampus SMKN 1 Panyingkiran


- - - - -
sumber :