Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Saturday, December 29, 2018

Pengertian Pseudocode dan Contohnya

Pengertian Pseudocode
  • Pseudocode adalah cara penulisan algoritma yang penulisannya dengan menyerupai bahasa pemrograman.
  • Pseudocode adalah sebuah kode yang digunakan untuk menulis sebuah algoritma dengan cara yang bebas yang tidak terikat dengan bahasa pemrograman tertentu.
  • Kode-semu atau pseudocode merupakan deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritme pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin.
  • Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural dari suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan agar dapat dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Pseudocode biasanya tidak menggunakan elemen cukup detail yang tidak perlu untuk kebutuhan pemahaman manusia dari suatu algoritma, seperti deklarasi variabel dan kode.








Tujuan Pseudocode
 

  • Tujuan pseudocode adalah agar manusia dapat dengan mudah dalam pemahaman dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umumnya digunakan, aspeknya yang relatif ringkas dan tidak bergantung pada suatu sistem tertentu yang merupakan prinsip utama dalam suatu algoritma.



Contoh Pseudocode 

begin

write("X");
end.









- - - - -

Sumber :
*https://shiirefaa.blogspot.com/2015/10/pengertian-dan-pengenalan-pseudocode.html
*https://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2018/12/pengertian-pseudocode-dan-contohnya.html
*https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pseudocode-dalam-penulisan-algoritma/13123/2