Muchamad Eki S. A.
SMK Negeri 11 Garut
Selamat Datang...., di Blog Muchamad Eki S. A. .......

Thursday, January 11, 2018

Pengertian Email dan Contohnya

Pengertian Email
  • Email merupakan singkatan dari Electronic Mail dan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik, email adalah sarana untuk megirim dan menerima pesan atau surat dan dengan waktu yang sangat singkat tanpa mengenal jarak dan waktu melalui jaringan internet.
  • Electronic Mail (email atau e-mail) adalah metode pertukaran pesan antar orang yang menggunakan perangkat elektronik. Email pertama kali masuk penggunaannya terbatas pada tahun 1960an dan pada pertengahan 1970-an telah mengambil bentuk yang sekarang dikenal sebagai email. Email beroperasi di jaringan komputer, yang hari ini terutama adalah Internet. 
  • Surat elektonik sebagai sarana menerima dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.






Contoh Email :
  • gmail
  • yahoo.co.id
  • yahoo.com
  • ymail.com


Berikut ini adalah modul untuk pengenalan tentang email dan cara menggunakannya (email gmail).





Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Email
* wandiipach.blogspot.co.id › Internet
* smkn1panyingkiran.sch.id
* http://www.indoza.com/2014/04/pengertian-email-electronic-mail-serta.html